• Latest Stories

      What is new?

    • Comments

      What They says?

Ikhlas Mengabdi Untuk Negeri Demi Menjadi Indonesia Hebat

Indonesia Hebat! Tagline ini membuatku menjadi tambah semangat untuk segera mengabdi kepada bangsa yang sangat saya cintai ini. Ijinkan saya untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu, saya adalah seorang mahasiswa aktif di salah satu universitas negeri yang berada di Jawa Tengah. Daerah sekitar tempat saya menuntut ilmu sekarang ini boleh dikatakan masih sangat asri, rata - rata penduduknya bermata pencaharian sebagai petani, karena daerah kami dikelilingi oleh areal persawahan, perkebunan dan hutan. Jauh dari polusi dan hiruk pikuk nya suasana perkotaan. Tidak heran jika dulu pernah ada wacana ibu kota mau di pindah kesini.



Namun kekayaan sumber daya alam yang ada di daerah ini kurang didukung oleh sumber daya manusia dan tenaga professional. Semua aktifitas pencaharian masih menggunakan alat yang masih tradisional dan belum mampu menambah produktivitas dari sumber daya yang ada. Untuk itulah pemerintah mendirikan beberapa lembaga pendidikan tinggi disini yang diharapkan mampu mencetak lulusan terbaik untuk memajukan daerah potensial ini. Dan didukung oleh pengajar yang professional yang mampu mengabdi secara ikhlas demi kemajuan bangsa.

Bebicara soal ikhlas mengabdi, saya teringat dengan salah satu dosen di universitas kami yang gaya mengajar dan kepemimpinan nya tidak diragukan lagi. Tiga jenjang pendidikan nya (S1,S2 dan S3) berasal dari luar negeri. Tetapi sikap dan tingkah lakunya nya tetap mencerminkan adat dan istiadat bangsa indonesia. Beliau pernah bercerita bahwa beliau dulu pernah dilamar oleh 2 perusahaan asing dan 1 tawaran untuk menjadi dosen kala itu tahun 90an.

Mungkin untuk orang biasa seperti saya akan memilih kerja di perusahaan tersebut, karena perusahaan itu bergaji tinggi hampir 5x lipat dari gaji seorang dosen kala itu. Tapi diluar dugaan beliau lebih memilih untuk mengabdikan dirinya di universitas yang notabennya berada di daerah pelosok jauh dari perkotaan. Salah satu perkataan beliau yang sangat memotivasi saya adalah, "Kalau bukan kita yang peduli dengan bangsa, lalu siapa lagi?"

Yups, kata - kata itu tepat sekali untuk menggambarkan keadaan bangsa sekarang ini. Mengingat sudah banyak pemuda cerdas harapan bangsa indonesia yang setelah lulus dari pendidikan justru lebih tertarik untuk mengabdikan dirinya pada negara lain. Alasan dasar yang membuat mereka enggan bekerja di dalam negeri adalah mereka berpikir bahwa pendapatan mereka jika bekerja di dalam negeri akan sedikit.

Selain itu salah satu alasan yang menjadikan banyak pemuda cerdas yang memilih  bekerja di luar negeri adalah "Orang Cerdas di Indonesia Tidak Dihargai". Orang cerdas dan jujur di Indonesia justru disingkirkan dari organisasi dan pekerjaan nya. Pelanggaran dan kesalahan dalam sistem sudah mengakar dan sulit dihilangkan. Bukan cuma dalam perusahaan swasta, bahkan di jajaran pemerintahan Indonesia pun masih sangat minim orang yang cerdas dan jujur. Saya kira anda sudah tahu keadaan pemerintah kita sekarang.

Hal ini bisa menjadi sebuah PR yang harus diemban oleh pemimpin bangsa Indonesia periode berikutnya. Indonesia masih banyak orang cerdas dan jujur, yang harus pemerintah lakukan adalah "HARGAILAH MEREKA". Saya yakin jika pemerintah lebih menghargai orang yang cerdas dan jujur, Indonesia akan menjadi bangsa dan negara yang hebat. Indonesia Hebat!

About Unknown

Salam hangat dari saya, semoga apa yang saya bagikan tentang keanekaragaman budaya, wisata, kuliner, sejarah dan info berita yang ada di Indonesia bisa bermanfaat buat pembaca semua (Admin).

1 comments:


Top